Minggu, 30 Agustus 2009

Menu Diet sehat

badan yang besar tentunya jadi idaman tiap orang. Tapi bagai mana jika berat badan berlebih tentunya jadi masalah bagi siapa saja. terutama perempuan, berat badan termasuk salah satu masalah utama. Biasanya untuk mengatasi berat badan orang melakukan banyak olah raga. tapi untuk melakukan aktifitas tersebut biasanya sangat membosankan dan memerlukan waktu tertentu. Tapi tidak cukup hanya sekedar olahraga pola makanpun dapat menjadi jalan untuk menurunkan berat badan Misalnya dengan yang disebut Diet.









Apel
Apel sebagai contohnya, merupakan contoh bagus dari serat yang mudah dicerna untuk membantu memerangi kolesterol. Buah berair ini juga bagus sebagai sumber vitamin C.

Kacang Almond
Makanan ini kaya dengan serat dan protein, selain itu juga bagus untuk sumber zat besi, maknesium dan vitamin E. Konsumsi yang masih mentah atau sudah diolah untuk mendapatkan hasil terbaiknya, dan hindari yang sudah dibumbui dengan banyak garam atau diolah dalam bentuk makanan manis, karena yang ini buruk untuk program diet Anda.

Blueberri
Blueberri bahan yang kaya sumber serat, vitamin C dan antioksidan. Selain ini segala jenis Berri bisa jadi pilihan lain yang sama bagusnya. Dimakan saat masih segar atau ditambahkan dalam yogurt, sereal dan salad kasiat berri tetap bagus untuk kesehatan.

Bayam
Bayam merupakan salah satu dari 10 makanan sehat yang berguna untuk rambut dan kulit. Bayam kayak zat besi, kalsium, maknesium serat vitamin A dan C.

Kacang Merah
Kacang merah ini memiliki kandungan serat, protein, zat besi, fosfor, maknesium tinggi dan sejumlah vitamin serta mineral. Tambahkan kacang merah dalam salad atau sup yang Anda buat untuk menambah lezat dan juga sehat dari makanan Anda.

Brokoli
Sayuran ini mungkin terasa menjijikan bagi orang-orang yang tak gemar sayur, tapi brokoli sumber kalsium, postasium dan vitamin A dan C. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari makanan ini jangan masak terlalu matang dan hindari memakai saus serta keju berlebihan.


Ubi
Jenis ketela satu ini kaya dengan vitamin. Dalam ubi terkandung vitamin A, B, C dan E. Selain itu ubi juga rendah kalori, khususnya jika dipanggang atau dimasak tanpa gula.


Salmon
Sebagian besar jenis ikan dan seafood merupakan pilihan sehat, tapi salon adalah ikan yang paling bagus dengan kandungan protein serta asam amino omega 3 tinggi. Selain itu salmon juga rendah kolesterol

Gandum
Gandum kaya vitamin B3 atau vitamin B3, thiamin atau vitamin B1, zat besi, serat dan vitamin E. Sereal gandum juga bagus untuk diet Anda.


Kedelai
Kedelai mengandung omega 3, kalsium dan zat besi. Makanan ini populer untuk vegetarian. Selain dimasak biasa kedelai juga bisa dinikmati dalam bentuk tofu, susu atau tempe dan tahu.


Susu
Bukan hanya makanan sehat yang Anda butuhkan dalam diet, cairan sehat juga sangat vital. Susuk renda lemak atau tanpa lemak yang kaya vitamin D dan kalsium juga penting untuk kesehatan tulang Anda.


Air
Tak ada yang lebih bagus untuk kesehatan kita selain air murni yang segar. Minum delapan gelas sehari akan membantu membersihkan bekas makanan dan mencegah dehidrasi dalam tubuh Anda

Harus seimbang
Ada prinsip yang mesti dipatuhi saat Anda berdiet: "Asupan makanan secara kuantitas dan kualitas harus memenuhi kebutuhan kalori minimal dengan komposisi seimbang, yaitu 60% karbohidrat, 15% protein, dan 25% lemak. Selain itu, tubuh juga wajib mendapatkan asupan vitamin dan mineral dalam jumlah cukup. Umumnya takaran kalori aman yang disarankan untuk diet orang dewasa tanpa butuh pengawasan medis khusus adalah sekitar 1200 kalori," jelas dr. Fiastuti Witjaksono MSc, MS dari Seameotropmed.

Mewujudkan angka 1200 kalori dalam diet sehari-hari, menurut Fias, bukanlah mission impossible. Pola makan orang yang kegemukan biasanya adalah sekitar 2000-2500 kalori. Bila bertujuan menurunkan bobot, ia dapat mengurangi sekitar 500-1000 kalori dari asupannya setiap hari. Itu sudah cukup sebenarnya. Fias lantas memberi contoh perhitungan kalori. "Nasi 1/2 gelas mengandung sekitar 175 kalori. Sepotong lauk hewani biasanya 100 kalori. Sedangkan yang nabati sekitar 80 kalori. Sayur dan buah masing-masing sekitar 50 kalori. Tentu perhitungan ini sifatnya hanya takaran kasar. Besar potongan lauk atau cara memasak, misalnya, sangat mempengaruhi perhitungan total kalori.

Problemnya adalah tidak mudah mengukur jumlah kalori yang terdapat dalam suatu makanan. Bisa saja Anda mengetahuinya jika tengah bersantap di suatu restoran dan dalam menu makanannya tercantum total kalori yang terkandung. Atau bila Anda memasak mengikuti suatu resep yang jumlah kalorinya sudah dihitung dengan pasti. Namun, hal seperti ini jarang terjadi. Lalu, bagaimana jika Anda makan di sembarang restoran atau warung pinggir jalan? Dilema seperti inilah yang kerap terjadi bila Anda berdiet dengan mengkonsumsi makanan biasa.

Kalau makan makanan biasa
Seperti diungkapkan oleh Fias, cara seperti itu membutuhkan upaya yang tinggi. Pengolahan suatu makanan mempengaruhi jumlah kalori. Misalnya, makanan yang digoreng tentu lebih tinggi kalori dibandingkan makanan yang direbus. Ingat, dalam 1 gr minyak terkandung 9 kalori. Selain itu, cara penyimpanan juga punya andil. Contohnya, sayuran. Bila penyimpanannya tidak tepat, vitamin dan zat antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat hilang saat dimasak. Istilah ’sehat karena makan sayur’ menjadi tidak berlaku, bukan? Secara umum, Fias menilai, makanan biasa cenderung tinggi lemak. Juga makanan tradisional yang kerap disantap orang Indonesia biasanya menggunakan bahan tinggi kalori, seperti santan, dalam ramuannya. Gabungkan semua faktor tersebut dan terbayang tingkat kesulitan menghitung jumlah kalori dalam suatu masakan. Meski demikian, bukan berarti cara berdiet seperti ini tidak ada nilai plusnya.

Bagaimanapun, kualitas dan kelengkapan nutrisi dan komposisi makanan biasa yang segar masih lebih bagus daripada yang buatan. Fias memberi contoh buah. Di dalamnya terdapat tidak saja vitamin, melainkan juga air. Bandingkan dengan suplemen vitamin. Yang terkandung hanya vitamin. "Jadi mengkonsumsi suplemen vitamin tanpa diimbangi dengan asupan air putih yang cukup, ya, tidak lengkap. Ujung-ujungnya, suplemen tersebut tidak dapat bekerja optimal." Hal sama berlaku pula untuk pengkonsumsian serat. Sayur dan buah secara alami sudah mengandung serat. Tanpa perlu tambahan apapun, kebutuhan Anda akan serat sudah terpenuhi. Tidak begitu bila produk buatan yang menjadi pilihan. Semua kelebihan tersebut baru bisa Anda peroleh bila disiplin tinggi mampu Anda penuhi. Artinya, Anda banyak mengkonsumsi makanan biasa yang bergizi.

Perhatikan bahan
Kerumitan inilah yang menyebabkan beberapa orang kemudian memilih makanan diet instan. Dari sisi kepraktisan, produk seperti ini memang jauh dari kesan repot. Tidak perlu pusing-pusing menghitung, jumlah kalori pasti sudah tercantum dalam setiap produknya. Tidak semua merek menyediakan produk rendah kalori yang seragam. Ada yang hanya menyediakan susu. Ada pula yang memiliki tambahan seperti sup atau biskuit. Anda penting sesuaikan asupan dengan total kalori yang disarankan (misalnya 1200 kalori) dalam sehari. Kuantitas pun terjamin.

Produk semacam ini sudah dipastikan rendah kalori dan rendah lemak, sesuai dengan ’misi’ yang dilakukannnya. Karena rendah lemak, sudah menjadi rahasia umum bahwa rasanya pun tidak segurih makanan biasa. Sekedar informasi, rasa enak dan gurih dalam suatu makanan datang dari lemak yang terkandung di dalamnya. Selain itu, produk jadi semacam ini biasanya memiliki komposisi karbohidrat-protein-lemak yang telah memenuhi kriteria yang direkomendasikan, khususnya bagi mereka yang ingin menurunkan bobot.

Anda tidak perlu khawatir kelaparan, bila mengkonsumsi produk diet instan. Dirancang untuk mengenyangkan dan memenuhi kebutuhan kalori, produk semacam ini juga relatif minim efek samping. Dari sisi kualitas, Fias mengingatkan agar konsumen meneliti bahan yang terkandung dengan seksama. Agar hasil yang didapat lebih optimal, carilah yang sudah disuplementasi dengan vitamin, mineral, dan serat. Jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Ini untuk menghindari gangguan metabolisme yang tidak diinginkan. Bukan berarti produk diet instan tidak punya kekurangan. "Umumnya orang akan cepat bosan, karena mengkonsumsi makanan atau rninuman yang itu-itu saja. Ini karena variasi makanan diet instan memang lebih sedikit dibandingkan makanan biasa.

Pertanyaannya sekarang, bisakah seseorang mempertahankan pola makan seperti ini terus menerus? Apalagi program pelangsingan atau mempertahankan bobot tubuh sifatnya seumur hidup. Jika ia sudah berhasil langsing, tetapi kemudian kembali ke bobot semula, ya, dianggap belum berhasil." Karena itulah, Fias menyarankan untuk mengkombinasikan produk diet instan dan makanan biasa. Salah satu tujuannya tentu untuk menghindari timbulnya kebosanan. Dengan demikian, diharapkan program penurunan atau mempertahankan bobot yang Anda lakukan berjalan lebih stabil dan bertahan lama.

Bagaimana dengan Suplemen?
Selain makanan diet instan, kini juga banyak beredar produk suplemen diet yang dapat berupa pil, kapsul, atau minuman pelangsing. Menurut Fias, berbeda dari makanan diet instan, suplemen diet tidak mengandung kalori. Produk ini bekerja dengan beberapa cara. Salah satunya adalah menghambat penyerapan karbohidrat atau lemak. Untuk itulah, dalam petunjuk pemakaian, suplemen ini, disarankan untuk dikonsumsi beberapa saat sebelum makan. Suplemen diet dapat dijual bebas, tanpa resep dokter. Karena itulah, tanggung jawab pemakaian sepenuhnya di pundak Anda, termasuk memperhatikan efek samping yang mungkin timbul.

sumber
kapan lagi
jadi langsing

1 komentar:

  1. Hai Saya Kiki :)
    wah sharing untuk menu diet sehatnya bermanfaat bgt nih.
    Klo boleh saya jg mau sharing untuk menu diet sehat saya.
    Saya dulu gemuk bgt ekitar 70kg tp tinggi cm 165cm *hihih bantet bgt tuh* udh d suruh diet tapi sy gk mau krn masih merasa OKE :p Setelah selesai SMA ternyata g PD juga,apa lg sy baru pindah k Jakarta *minder mode on* akhirnya saya merubah pola makan saya,terutama sarapan paginya.Pagi hari saya mengurangi karbohidrat tapi di perbanyak protein.Akhirnya saya bisa turun 14kg skrng baju saya ukuran M :)
    Tq udh boleh sharing y :) untuk crt lengkapnya klik aja d www.healthyslim.weebly.com

    BalasHapus